Kamis, 13 Desember 2012

Tips Mere(n)dam Emosi



Kadang bocah bocah yang gua ajar HAMPIR TIDAK PERNAH nihil ngebuat emosi gue mencapai puncaknya yang kalau lo semua BOLEh tau, itu cuman setinggi Bukit di Belakang Sekolahnya Doraemon.   Yupp. Gue mudaaah banget kepincut es mosi. Apalagi bulan ini nih, BULAN MEREKA SEMESTERAN yang mbuat gue kerja LEMBURR tapi kerjaan kampus masih KABURR.

Well, konsepsi orang mengenai orang muda itu emosinya MASIH ANGET ANGET EEK NAGA (semula PANAS, semenit kemudian makin BERINGAS) ada benernya juga, tapi gak sedikit yang bilang salah. Kawula muda seperti gue malah menurut gue banyaak banget jalan untuk ngerendem tuh emosi. Soalnya apaaa aja bisa kita jadiin tempat rendaman. Yah, seyogyanya kata pepatah. Banyak jalan PINTAS menuju SURGA Banyak jalan menuju Roma.


1. Tarik nafas SEDALAM MUNGKIN sebelum CEKIK MEREKA tindakan selanjutnya
Well, banyak banget buku sakti semacam Emosi? Selow Bero... atau Jadikan Emosi Lahan Investasi (Wah yang ini keren nih). Atau Marah itu Baik (Akhirnya ada juga yang serius ^-^) yang kerap kali menuliskan ini, Tarik nafas sedalam dalamnya, lalu hembuskan LEWAT MULUT. Nah ini nih..INI NIH..!

Kadang gue supeer males kalo nariik nafas sedalam-dalamnya, entah itu pas gue marah atau syok atau biasa. Lobang p****t gue tuh kata Nyokap gue udah los semenjak nglompat dari tanah air beta di atas paha ibunda. Setiap. Setiap gue narik nafas lewat idung tuh pasti, keluar nihil lewat mulut lah broo. Janganken ngilangin marah, malah nambah ilfil. Kentut gue yang besar didenger bocah-bocah, Stella, Rekan kantor, dan..Manda. Lo baca kan posting gue tentang kentut mawut gue..?

Tapi dengan nghembusin nafas saat marah bener bener ngerelaksin batin. Setidaknya sesaat sebelum yang relaks dibawah keluar.

2. Kalau mau lampiaskan, LAMPIASKANLAH (Tapi jangan Pukul TEMBOK atau BENDA KERAS, atau ORANG!!)
Menurut Manda yang berilmu di kedokteran, kalo aja lo pukul tembok atau benda keras pake tinju lo, yang ada tinju lo patah, dan pangkal jari-jarilo (Knuckle) bakal retak dan rusak. Tapi kok tinju do'i gak patah patah ya mukulin balok kayu?

Lebih disarankan lo pukulin BANTAL. Serius bro, bantal. Selain lebih empuk, lo juga bisa NGLAKUIN MOVES MOVES SMEKDON dengan ngebayangin wajah si troublemaker dengan leluasa. Coba lo bayangin, apa bisa lo Chokeslam dinding? Selain pake bantal, lo juga bisa TERIAK dengan nutupin muka pake BANTAL. Teknik ini SANGAT DISUKAI cewe-cewe (atau sebagian cowo manly yang gak mau air matanya diliat orang ;) ). Lo teriak aja sekuat mungkin, dan yang kedenger palingan MmmmmMM!!!! GRMmmmm!!!! Yang dikira nyokap, lo lagi kesambet ingetan masa kecil. So inget, lampiasin, tapi jangan lukain orang dan diri lo sendiri. Iyaa, cek guuu

3. Hitung 1 ampe marah lo selesai dalem hati
Cara ini disebut-sebut sebagai cara menahan marah yang MENCERDASKAN. Lo marah, emosi naek, konsentrasi super, dan LO DISURUH NGITUNG? Nonsense!

Tapi enggak buat yang mau jadi cerdas. Selain melatih konsentrasi dan menahan marah (karena terlalu serius konsentrasi), ngitung 1 ampe tak tahu berapa melatih ingatan. Lo harus selalu inget angka berapa selanjutnya dengan dibayangi kejadian yang mengenegkan hati. Tips: Tambahin Nama + B*****T setelah angka. Contoh, Satu Manda (Nama Samaran) BAN*SAT! Dua Manda (Nama Samaran) BAN*SAT! dst...

4. Introseksi Introspeksi
Lo introspeksi, kenapa lo marah? Kenapa Lo buat dia marah? Kenapa dia buat lo marah? Kenapa lo cepet banget marah? Kenapa darah warnanya merah? Kenapa malem malem kok gue gerah? Kenapa tiap gue bilang 'Mo makan dimana hari ini, beb?' lo selalu jawab 'Terserah'???

Kadang kita harus cek and recheck, kenapa kita bisa marah pas itu. Mungkin dia yang buat lo marah, mungkin lo sendiri yang ngerasa kesel, mungkin keadaan yang runyam, risih, nyebelin yang buat, mungkin It is not your day. Dan setelah lo introspeksi, lo temuin sendiri penyelesaiannya dan coba di kesempatan 'marah' selanjutnya. Dan demikianlah, mengapa anjing suka memakan kotorannya sendiri.

5. Just Leave it
Atau lupain aja begitu aja! Lo bisa main Pe eS sendiri (gue saranin jangan ama temen dulu, misal lo menang lo pasti BAKAL LAMPIASIN dan kalo lo kalah lo pasti juga BAKAL LAMPIASIN), atau hang out di Key Eff CHi (Nah kalo ini baru ama temen, klo sendiri takutnya dikira Anti-sosial penggemar Ayam). Lo ikutin aja flow nya, jika ada kesempatan lo share ama temen yang menurut lo percayain buat kencurhat. Niscaya dia bakal nyediain pundak buat lo nangis (atau kalo gue GIGIT). Dan poof, everything seems like back to normal.

Marah tuh emang gak akan pernah lo gak dapet. Marah juga penting buat manusia, sebab manusia dapat membebaskan emosi yang gak karuan supaya lebih tenang. Tapi inget, emosian harus diredam juga. Diredam bukan berarti lo tahan, lo kurung dalam sebuah kandang bernama batin. Lo bisa bisa jadi psikopat *ketawa*

Learn the ways to control the rage, before it controls you!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut